6 Tanaman Obat Asam Urat Dan Rematik Paling Ampuh

Tanaman Obat Asam Urat Dan Rematik – Penyakit asam urat dan rematik sebenarnya bisa disembuhkan melalui pengobatan tradisional salah satu nya adalah memanfaatkan jenis tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan secara alami. Namun hal ini belum banyak orang yang mengetahuinya dan kebanyakan mereka memilih obat yang ada di apotik atau obat obatan yang di berikan oleh dokter.

Apakah anda sering mengalami sendi yang terasa nyeri ? Ada yang bilang itu akibat rematik, tapi yang lainnya menyebutkan itu akibat dari asam urat. Lantas mana yang benar ?

Tanaman Obat Asam Urat Dan Rematik

Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Namun tenang saja seperti biasa sebelum mengetahui tanaman obat asam urat dan rematik kami akan mengulas kembali  mengenai asam urat dan rematik karena kebanyakan menganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit yang sama.

Asam urat merupakan kondisi dimana kadar zat asam urat mengalami peningkatan yang disebabakan oleh purin sehingga kondisi tersebut seringkali menimbulkan gejala seperti nyeri yang tak tertahan, persendian terasa panas dan juga terjadi pembengkakan pada sendi sendi. Sedangkan

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau sendi mengalami peradangan dan pembengkakan sehingga seringkali menimbulkan gejala seperti sering kesemutan, bagian tub uh terasa kaku dan suli untuk digerakan serta sendi membengkak dan terasa hangat saat disentuh.

Sudah jelaskan bahwa penyakit asam urat dan rematik itu penyakit yang berbeda, seseorang yang mengalami penyakit asam urat sudah pasti terserang penyakit rematik akan tetapi seseorang yang mengalami rematik belum tentu dapat terserang asam urat.

Baca Juga : 8 Bahaya Rematik dan Asam Urat

Jenis Tanaman Obat Asam Urat Dan Rematik

Tanaman Obat Asam Urat Dan RematikSeseorang yang menderita asam urat dan juga rematik akan mengalami rasa sakit yang luar biasa pada persendian, sehingga kebanyakan mereka mencari obat obatan di apotek dan menghabiskan uang yang cukup banyak.

Padahal jika saja anda mengetahui bahwa tanaman yang ada di sekitar lingkungan kita bisa di manfaatkan untuk mengobati asam urat dan rematik. Lalu tanaman apa saja yang bisa di jadikan sebagai pengobatan alami asam urat dan rematik ? simak pembahaannya di bawah ini :

  1. Daun Salam

Jenis tanaman ini mungkin saja sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, karena daun salam ini sering dijadikan bahan pelengkap masakan,  bukan hanya itu daun salam juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan salah satunya adalah untuk obat asam urat dan rematik.

Daun salam ini memiliki kandungan flavonoid, tannin, dan juga minyak atsiri yang mana kandungan ini dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit asam urat dan rematik.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing sangat dipercaya dapat mengatsai berbagai macam penyakit termasui asam urat dan rematik. Tanaman kumis kucing sangat mudah sekali di temukan dan biasanya sering tumbuh liar disekitar pinggir sungai ataupun pinggir selokan bahkan saat ini tanaman kumis kucing  seringkali dijadikan tanaman hias di depan halaman rumahnya.

Kumis kucing memiliki kandungan orthosiponin glikosida dan juga diuretik, yang mana kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk merangsang pengeluaran zat asam urat yang dikeluarkan melalui purin.

  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berasal dari india, akan tetapi sambiloto dapat tumbuh subur di indonesia. Sambiloto mempunyai manfaat yang dapat  menyembuhkan penyakit asam urat dan rematik dan hampir seluruh bagian tanaman sambiloto dapat dijadikan obat.

Kandungan yang terdapat dari tanaman ini adalah zat kalsium dan natrium yang cukup tinggi , keton, flavaanoid, aldehid dan juga alkani yang jarang ditemukan dalam kandungan tanaman lain.

  1. Brotowali

Brotowali merupakan jenis tanaman herbal yaang tumbuh secara merambat dan hidup ditempat tropis dan biasanya banyak tumbuh di pulau sumatra khusunya lampung dan juga di pulaau jawa di banten dan serang, brotowoli ini mempunyai rasa yang pahit akan tetapi memeberikan rasa sejuk.

Kandungan yang terdaapat dari brotowali berupa alkolaid, glikosida, dammar lunal, harsam berberin yang mana dapat menyembuhkan penyakit asam urat dan rematik

  1. Daun Anting Anting

Daun anting anting merupakan salah satu daun yang bisa menurunkn asam urat dan biasanya tumbuh berdampingan dengan rumput sehingga seringkali dianggap hama. Daun anting ini mempunyai khasiat yang bisa menyembuhkan asam urat.

Kandungan daun anting anting berupa zat flavonioid, saponin dan juga tanin yang dipercaya menurunkan kadar asam urat.

  1. Tanaman Sidugari

Tanaman selanjutnya adalah tanaman sidugari yang mungkin jarang atau asing di kenal masyarakat, padahal tanaman ini sering tumbuh di pinggir jalan, kebun atau pekarangan rumah. Tanaman sidugari seringkali digunakan sebagai obat anti paradangan, rematik dan juga bisa menurukan asam urat.

Tanaman sidugari memiliki kandungan alkolaid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino serta minyak atsiri yang dipercaya bisa mnyembuhkan bahkan mencegah asam urat rematik.

Itulah 6 tanaman obat asam urat dan rematik. Selain dengan menggunakan tanaman obat asam urat dan rematik hal yang paling penting adalah menjaga pola hidup agar tetap sehat, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

Demikian lah artikel mengenai tanaman obat asaam urat dan rematik, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih 🙂

Posted By :

Obat Asam Urat Dan Rematik Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Pilihan Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik - OBAT ASAM URAT DAN REUMATIK 100% ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*