Mandi Malam Bikin Rematik Mitos atau Fakta ?

Mandi Malam Bikin Rematik Mitos atau Fakta ?- Mandi di malam hari mungkin sering menjadi pilihan Anda setelah seharian sibuk beraktivitas. Banyak alasan yang mendasarinya. Namun, seringkali pasangan atau keluarga melarang Anda melakukan hal tersebut karena percaya mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik. Benarkah seperti itu, atau hanya mitos belaka? teruskan membaca untuk mencari tahu faktanya. 

Mandi Malam Bikin Rematik Mitos atau Fakta

Mandi Malam Bikin Rematik, Mitos atau Fakta ?

Lalu, benarkah mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik ? mandi malam bikin rematik hanyalah sebatas mitos karena tidak ahubungannya antara mandi malam hari dengan terjadinya rematik.

Penyakit rematik itu sendiri merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan, nyeri, kekakuan, dan keterbatasan geraak pada sendi, tulang, tendon, ligamen dan otot.

Selain itu menerut para ahli bahwa penyebab rematik adalah karena tingginya kadar asam urat sedangkan asam urat tidak terdapaat dalam kandungan air mandi. Asam urat di hasilkan dari kerusakan alami sel tubuh anda dan juga dari makanan yang anda makan.

Kadar asam urat yang tinggi umunya disebabkan oleh terlalu sering mengkonsumisi makanan yang mengandung purin tinggi terutama daging merah, jeroan, minuman beralkohol dan seafood. Dengan kata lain, mandi malam tidak bikin rematik, namun anda memang akan merasakan kedinginan.

Baca Juga : Cara Alami Menurunkan Asam Urat

Penderita Rematik Tidak Disarankan Mandi Air Dingin

Meskipun mandi malam bukanlah penyebab langsung dari kemunculan atau kekembuhan rematik, namun kebiasaan mandi malam dengan air dingin tetap tidak disarankan baik untuk orang yang sehat atau yang punya keluhan rematik atau asam urat.

Pada adasarnya, perubahan suhu dingin ini yang bisa menyebabkan menciutkan kapsul pelindung sendi. Semakin bertambahnya usia, lapisan pelindung sendipun akan semakin menurun sementara pelumas makin menebal saat usia lebih dari 45 tahun.

Mandi malam juga dapat mempercepat penuaan tubuh, hal ini disebebkan karena ketika anda kedinginan, tubuh anda akan mengalami fase stress sehingga akan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan aliran darah untuk menyuplai oksigen yang masuk kedalam tubuh. pembesaran jaringan organ dalam tubuh dapat makin membebani kerja sendi, sehingga muncul nyeri.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah rematik kambuh ?

Untuk mencegah rematik anda kambuh sebaiknya jika anda mandi malam pilihlah air hangat untuk mandi malam anda, karna selain melawan suhu dingin malam hari. Air hangat juga mampu membantu melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas seharian dan menghindari kekakuan sendi.

Selain itu anda juga bisa menggunakan cara yang kemungkinan besar penyakit rematik anda tidak akan kambuh lagi, antara lain :

  • Melakukan Olah Raga Secara Rutin

Siapa bilang anda tidak boleh melkaukan olahraga saat mengalami rematik ? jika dilakukan dengan tepat, olahraga akan membuat rasa sakit akibat rematik akan berangsur-angsur hilang. Selain itu sendi sendi tubuh akan menjadi fleksibel. Fokuskan latihan pada sendi-sendi tubuh, namun jangan terlalu berat karena justru bisa menimbulkan cedera dan memperparah kondisi.

  • Menjaga nutrisi

Untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan sendi, perbanyaklah jumlah buah-buahan dan sayuran dalam piring anda, kurangi makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 juga terbukti mamapu mengurangi peradangan, diantaranya adalah salmon, sarden, biji-bijian,dan bawang putih.

  • Jangan memposisikan sendi dalam satu posisi yang terlalu lama

Selanjutnya adalah anda sebaiknya hindari untuk melakukan gerakan yang membuat persendian tertekan semakin kuat. Jika anda melakukan hal ini, maka persendian akan mudah bengkak dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Nah, itulah pembahasan mengenai Mandi Malam Bikin Rematik Mitos atau Fakta? Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan anda bahwasan ternyata itu hanyalah mitos belaka. Terimakasih sudah menyimak artikel yang sederhana ini semoga bermanfaat.

post by :

obatasamuratdanreumatik.gamatkapsulasli.com

1 Trackback / Pingback

  1. Berapa Batas Kadar Asam Urat Normal Bagi Pria Dan Wanita?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*