Pilihan Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik

Menjadi penderita asam urat dan rematik memang memiliki pantangan makanan apalagi makanan yang mengandung purin sangat tinggi. Pada dasarnya anda bisa meminimalisir resiko agar terhindar dari penyakit asam urat dengan menjaga pola makan yang sehat. Lantas Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik apa  yang baik untuk di konsumsi ?

Melalui artikel kali ini kami akan memberikan ulasan-ulasan tentang beberapa makanan sehat asam urat dan rematik yang aman jika dikonsumsi setiap hari. Tetapi seperti biasa sebelum membahas mengenai makanan sehat, disini kami sedikit menjelaskan lagi mengenai asam urat dan rematik.

Apa Itu Asam Urat Dan Rematik ?

Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik

Asam urat dan rematik merupakan jenis penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian persendian. Rasa nyeri yang di timbulkan akibat adanya pembengkakan pada bagian persendian dan tulang sehingga masyarakat menganggap bahwa ke dua penyakit ini sama karena kimiripan dari rasa sakit yang di rasa.

Tapi apakah Benar asam urat dan rematik itu sama?  Sebanarnya asam urat merupakan bagian dari penyakit rematik akibat adanya penumpukan zat asam urat sedangkan rematik bisa di akibatkan oleh adanya pengapuran, pearadangan hingga pengeroposan tulang. Tetapi seseorang yang mengidap rematik belum tentu terkena asam urat.

Baca Juga : 6 Tanaman Obat Asam Urat Dan Rematik Paling Ampuh

Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik

Makanan Sehat Asam Urat Dan Rematik

Asam urat dan rematik sebenarnya bisa di cegah dengan menjaga pola makan yang baik dan hidup sehat serta menghindari pantangan makanan yang bisa menyebabkan asam urat dan rematik semakin parah. Berikut adalah makanan yang baik untuk di konsumsi penderita asam urat rematik, sebagai berikut :

  1. Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang berserat tinggi sangat cocok untuk di konsumsi oleh penderita asam urat. Karena serat berfunsi nuntuk membantu proses penyerapan asam urat ke aliran darah dan membuang kelebihan asam urat tersebut memalui urin.

Nah jika anda menderita asam urat alangkah baiknya untuk memulai mengkonsumsi makanan yang mengandungserat tinggi untuk membantu mengurangi resiko asam urat ke stadium yang lebih serius lagi.

  1. Ikan Berminyak

Makanan sehat selanjutnya adalah ikan yang mengandung asam lemak omega 3  seperti salmon, tuna dan mackerel. Ikan yang mengandung omega 3 dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit rematik lebih dari 50% jika kamu mengkonsumsinya secara teratur.

  1. Produk Susu Rendah Lemak

Penderita asam urat dapat berpotensi untuk menimbulkan komplikasi penyakit seperti kolestro, untuk memiminimalisrir terjadinya komplikasi asam urat lainnya alangkah baiknya jika anda mulai untuk mengontrol makanan yang berlemak.

Jika anda menyukai susu, konsumsilah susu yang rendah lemak atau biasanya jenis susu yang masih murni sehingga resiko komplikasi asam urat semakin menurun.

  1. Kedelai

Kedelai merupakan makanan sehat yang mamapu mencegah rematik. Selain itu juga makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, atau susus kedelai mampu menyehatkan jantung karena memiliki kandungan akan tinggi protein dan serat namun rendah lemak.

  1. Coklat Hitam

Jenis makanan yang satu ini mungkin tidak asing lagi dan sebagian besar orang pasti menyukai coklat. Coklat hitam ini baik di konsumsi untuk penderita asam urat dan rematik untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat rematik.

Coklat merupakan salah satu jenis mkaanan yang mengandung antioksidan seperti senyawa asam fenolic, polimeric fenolic yang tidak larut dan methylxanthine sehingga mampu mengurangi resiko asam urat remtik ke stadium yang lebih serius.

  1. Teh Hijau

Dalam sebuah penelitan jika seseorang meminum teh hijau dapat meringakan penyakit rematik, asam urat dan berbagai jenis penyakit sendi lainnya, kandungan yang terdapat dalam teh hijau ini berupa antiinflasma dan juga ani oksidan dimana kandungan ini dapat berkhasiat mengurangi nyeri pada persendian.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan yang dianggap bisa meringankan rasa nyeri atau peradangan yang menyerang bagian persendian untukmenguatkan tulang. Anda bisa mencoba nya dengan cara di tumbuk kemudian oleskan pada bagian yang terasa sakit,  atau bahkan bisa dijadikan ramuan untuk diminum.

Kandungan jaahe berupa fitutrien yang memounyai manfaat sangat kuat terutama pada kesehatan tubuh, jahe juga mempunyai sifat inflasi yang bisa meringankan adanya peradangan pada persendian.

  1. Cuka Apel

Cuka apel sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam urat karena kandungan malic acid yang terdapat dalam cuka apel mampu memcah asam urat pada sendi dan mengeluarkannya dari tubuh.

Cuka apel juga mengandung anti oksidan dan anti peradangan yang berguna untuk mencegah encok. Nah anda wajib mencobanya untuk mengetahui khasiat dari cuka apel ini dengan mengkonsumsi cuka apel sebanyak 2 hingga 3 kali setiap harinya.

  1. Cabai

Cabai merupakan jenis rempah yang baik dikonsumsi penderita rematik namun dalam jumlah yang tidak berlebihan karena mempunyai kandungan senyawa yang akan membantu untuk menghasilkan panas dalam tubuh. Cabai memiliki kandungan capsaicin yang baik untuk meringankan resiko rematik semakin parah.

  1. Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita asam urat kaarena kandungan nya dapat membantu asam urat dalam level yang sehat. Jenis makanan yang mengandung karbihidrat kopleks ini adalah gandum utuhy, roti pitih, oat, dan kue manis.

Itulah pembahasan mengenai makanan sehat asam urat dan rematik yang perlu anda ketahui. Sekali lagi saya ingatkan bahwa pentingnya menjaga pola makan dan hidup sehat untuk mencegah datangnya berbagai jenis penyakit.

Terimakasih telah setia menyimak artikel yang sederhana ini semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda 🙂

SEMOGA LEKAS SEMBUH 🙂

Posted By :

Obat Asam Urat Dan Rematik Alami

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Perbedaan Penyakit Asam Urat dan Rematik - OBAT ASAM URAT DAN REUMATIK 100% ALAMI DAN MANJUR
  2. Terapi Jus Buah Untuk Mengatasi Rematik Dan Asam Urat - OBAT ASAM URAT DAN REUMATIK 100% ALAMI DAN MANJUR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*