Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sambiloto

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sambiloto – Jika anda sering mengalami sakit pada bagian kaki terutama pada bagian sendi jempol kaki yang disertai adanya pembengkakan di dalam atau di daerah kaki yang mengalami peradangan kemungkinan besar anda terkena asam urat.

Namun tenang saja anda bisa mencegah dan mengobatinya dengan memanfaatkan tanaman herbal yaitu daun sambiloto. Sebelum mengenal lebih jelas mengenai daun sambiloto alangkah lebih baiknya untuk mengetaui penyebab utama dari asam urat tersebut.

Apa Penyebab Utama Dari Asam Urat  ?

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sambiloto

Asam urat merupakan penyakit yang disebabakan oleh penumpukan purin di dalam tubuh sehingga berpengaruh kepada persendian dan juga bisa menimbulkan beberapa gejela seperti rasa nyeri yang begitu dasyat, adanya pembengkakan, dan rasa panas di persendian.

Penyebab utama dari asama urat adalah  terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan jeroan seperti jantung, ginjal, otak dan hati. Selain itu seringnya mengkonsumsi minuman alkohol yang memiliki zat urin yang sangat tinggi sehingga menimbulkan penyakit asam urat.

Ada banyak sekai pengobatan bagi penyakit asam urat yaitu pengobatan secara medis dan pengobatan secara tradisional (herbal). Namun kebanyakan masyarakat sekarang memilih untuk melakukan pengobatan tradisional karena dengan pengobatan tradisional memiliki efek samping yang sangat rendah bagi tubuh manusia di banding dengan efek samping pengobatan medis.

Salah satu pengobatan tradisional yaitu dengan menggunakan daun sambiloto. Hal ini dikarenakan daun sambiloto mampu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh manusia. Lantas bagaimana cara mengobati asam urat dengan daun sambiloto ??

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Daun Sambiloto

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sambiloto

Memang mungkin saat ini masih asing di telinga masyarakat, tetapi daun sambiloto ini sudah terkenal sejak jaman dulu sebagai obat asam urat. Manfaat dari daun sambiloto bisa  kita rasakan dengan cara membuatnya menjadi ramuan tradisional untuk mengobati asam urat. Berikut inilah cara membuat ramuan daun sambiloto yang bisa anda buat di rumah.

Cara meramu daun sambiloto menjadi obat asam urat :

  • Siapkan beberapa daun sambiloto yang masih segar
  • Bersihkan daun sambiloto dengan air mengalir sehingga lebih steril
  • Kemudian rebus daun sambiloto dengan 1 gelas air dan tunggu hingga mendidih
  • Jika sudah mendidih, saring hasil rebusan dam tunggu hingga dingin
  • Lalu minum air ekstrak sambiloto secara rustin dan raasakaan manfaatnya

Sambiloto juga dapaat digunakan sebagai obat luar saat anda mengalami pembengkakan pada bagian sendi akibat asam urat. Obat ini dapat anda buat di rumah dengan cara menumbuk daun sambiloto hingga halus kemudian oleskan cairan hasil tumbukan daun sambiloto kepada bagian yang bengkak.

Baca Juga : Perbedaan Penyakit Asam Urat dan Rematik

Lantas, Apa Manfaat Daun Sambiloto Untuk Asam Urat  ??

Tanaman sambiloto ini seringkali digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Sambiloto juga memang memiliki manfaat yang sangat penting untuk asam urat, berikut manfaat daaun sambiloto untu asam urat yang perlu anda ketahui :

  1. Sebagai Antioksidan bagi Tubuh

Manfaat daun sambiloto untuk asam urat yang pertama ialah sebagai pemasok zat anti oksidan di dalam tubuh. keberadaan zat ini sangat di perlukan karena dapat mengikis potensi penyakit yang hendak masuk kedalam tubuh.

Selain itu sambiloto juga memiliki peran untuk menciptakan zat antioksidan di dalam tubuh anda. Peran zat anti oksidan ini sangat baik untuk penderita asam urat karena kerusakan jaringan tubuh dapat di obati oleh antioksidan dari sambiloto.

  1. Menjaga kesehatan Otot dan Sendi Tulang

Kadar kalium yang terdapat aari daun sambiloto sangat berguna untuk pembaharuaan sel-sel otot dan sel-sel sendi pada tubuh anda. Selain itu kalium berfungsi sebagai penyedia sarana regenerasi sel-sel tubuh yang lain.

Dalam hal ini, anda perlu mengkonsumsi ramuan sambiloto dalam takaran yang cukup sehingga otot-otot persendian yang rusak akibat adanya asam urat dapat kembali membaik. Oleh sebab itu daun sambiloto sangat cocok untuk dijadikan obat asam urat.

  1. Sebagai Pereda Inflasma atau Peradangan Tubuh

Asam urat menjadi salah satu penyebab adanya inflamasi atau pembengkakan pada bagian sendi. Oleh sebab itu, anda perlu menggunakan daun sambiloto untuk obat anti inflamasi saat tubuh anda terkena asam urat. Hal ini dikarenakan inflamasi merupakan reaksi normal dari tubuh saat anda mengalami peradangan di salah satu bagian tertentu.

  1. Menurunkan penumpukan lemak dan kolestrol di dalam tubuh

Manfaat yang terakhir ialah sebagai penetralisir kadar lemak dan kolestrol di dalam tubuh. sehingga anda dapat memanfaatkan daun sambiloto sebagai pehancur lemak dengan menjadikannya ramuan. Dengan lemak yang telah terurai maka tubuh anda akan lebih sehat dan kuat.

Itulah cara mengobati asam urat dengan daun sambiloto dan juga manfaat yang snagat beragam. Anda juga dapat memperoleh dan mempelajari cara pengolahan tanaman ini sehingga anda memiliki pilihan obat herbal yang baik bagi kesehatan terutama dalam menangani penyakit asam urat. Selamat Mencoba.

Posted By :

obatasamuratdanreumatik.gamatkapsul.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*